kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kunjungi Bandara Soetta, Sri Mulyani cek kesiapan bea cukai hadapi Asian Games


Senin, 13 Agustus 2018 / 11:33 WIB
Kunjungi Bandara Soetta, Sri Mulyani cek kesiapan bea cukai hadapi Asian Games
ILUSTRASI. Sri Mulyani tinjau kesiapan bea cukai Bandara Soetta


Reporter: Patricius Dewo | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati Senin (13/8) hari ini meninjau kesiapan Bandara Soekarno Hatta untuk menghadapi Asian Games 2018. Dalam kunjungannya ia memeriksa segala kelengkapan fasilitas untuk para atlet maupun turis dari luar negeri seperti counter VAT Refund, fasilitas kesehatan/karantina, serta counter registrasi untuk akreditasi id card para atlet Asian Games dari luar negeri.

Dengan menggunakan jaket dengan logo Asean Games, Sri Mulyani langsung menuju counter VAT Refund, di sana ia berbincang dengan pegawai untuk mengecek kesiapan dalam menghadapi serbuan turis yang diperkirakan akan datang dari berbagai negara di Asean. 

Selain itu Sri Mulyani juga mengunjungi Kantor Ditjen Bea Cukai yang ada di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, dan berbincang dengan pegawai Ditjen Bea Cukai mengenai kesiapannya. Lalu setelah itu, ia meninjau counter akreditasi id card para atlet Asean Games yang berada di lantai 1 Bandara Soekarno Hatta.

Setelah mengecek kesiapan bea cukai bandara Soekarno Hatta, Sri Mulyani menyatakan bangga  dengan seluruh petugas di Bandara Soetta yang membentuk tim koordinasi bernama COMBATA.

"COMBATA adalah koordinator seluruh para petugas instansi-instansi pimpinannya yang luar biasa bagus di Bandara Soetta, saya sangat salut dengan mereka, ini dalam rangka kita menerima delegasi Asian Games, secara baik sopan, dan sesuai kepribadian Indonesia namun dalam suatu tata cara aturan yang baik," ujar Sri Mulyani. Senin (13/8).

Ia juga melakukan tinjauan awal ke tempat imigrasi lalu dilanjutkan ke bagian karantina untuk memastikan tidak ada penyakit menular yang tersebar. "Saya juga sudah tanya secara detail ke bagian imigrasi tadi bahwa data dari para atlet sudah masuk dalam sistem sehingga tidak memerlukan proses yang panjang. Selain itu saya juga sudah berkomunikasi pada Kementerian Kesehatan di lembaga karantina untuk mengecek suhu tubuh dan kesehatan para atlet maupun official," katanya.

Sri Mulyani juga mengapresiasi kesigapan dari panitia akreditasi dan satuan pengamanan yang dilakukan oleh TNI, yang akan membantu pengurusan akreditasi id card atlet yang datang dari luar negeri.

Dari pihak Bea Cukai dan Imigrasi di bandara Soetta juga mempersiapkan jalur khusus untuk para atlet yang datang dari luar negeri. Selain itu pihak bandara juga akan membantu pengurusan barang-barang yang dibawa oleh para atlet.

"Dari pihak bea cukai sudah mempersiapkan daftar dari barang-barang bawaan atlet yang perlu penanganan khusus, seperti sepeda, dan peralatan lainnya yang memerlukan penanganan khusus," kata Sri Mulyani.

Dalam tinjauannya Sri Mulyani didampingi oleh Ketua INASGOC, Eric Thohir, Dirjen Pajak Robert Pakpahan, dan juga Dirjen Bea Cukai Heru Pambudi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×