kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45867,20   12,42   1.45%
  • EMAS1.357.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
FOKUS /

Cerita PHK Belum Berakhir, Mulai dari Amerika hingga Tanah Air


Minggu, 26 Mei 2024 / 22:17 WIB
Cerita PHK Belum Berakhir, Mulai dari Amerika hingga Tanah Air
ILUSTRASI. Tesla disebut akan mem-PHK lebih dari 10% tenaga kerjanya secara global. REUTERS/Aly Song


Reporter: Arif Ferdianto, Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - Badai pemutusan hubungan kerja (PHK) yang melanda perusahaan-perusahaan di Amerika Serikat (AS) dan Kanada pada tahun 2023 lalu, rupanya masih berlanjut hingga tahun 2024.

Dibayangi akan prospek penurunan suku bunga The Fed yang masih belum pasti, bahkan ketika ketakutan terhadap resesi mereda dengan cepat.

Mengutip Reuters, berikut kasus PHK perusahaan AS dan Kanada yang diumumkan sepanjang tahun ini.

Sektor Teknologi

- PHK di Amazon mencakup kurang dari 5% karyawan di unit “Buy with Prime”, 5% di divisi buku audio dan podcast Audible, beberapa ratus karyawan di operasi streaming dan studio, 35% di unit streaming Twitch, beberapa ratus di unit perawatan kesehatan One Medical dan Apotek Amazon. Mereka juga mengumumkan PHK di Amazon Web Services (AWS) yang berdampak pada beberapa ratus peran dalam penjualan, pemasaran, dan layanan global serta beberapa ratus peran dalam tim teknologi toko fisik.

- PHK di Alphabet mencakup lusinan orang di divisi pengembangan teknologi baru X Lab, ratusan di tim penjualan periklanan, ratusan di seluruh tim, termasuk tim perangkat keras yang bertanggung jawab atas Pixel, Nest, dan Fitbit, dan mayoritas di tim augmented reality.

- Microsoft memangkas sekitar 1.900 pekerjaan di divisi game Activision Blizzard dan Xbox.

- IBM berencana memberhentikan beberapa karyawan pada tahun 2024 tetapi akan mempekerjakan lebih banyak karyawan untuk peran yang berpusat pada AI.

- Perusahaan e-commerce eBay berencana memangkas sekitar 1.000 peran atau sekitar 9% dari tenaga kerjanya.

- Penyedia perangkat lunak videogame Unity Software akan memangkas sekitar 25% tenaga kerjanya, atau 1.800 pekerjaan.

- DocuSign berencana mengurangi tenaga kerjanya sekitar 6%, atau 400 karyawan, dengan mayoritas di organisasi penjualan dan pemasarannya.

- Snap berencana memangkas sekitar 528 pekerjaan atau 10% dari tenaga kerja globalnya.

- Salesforce memberhentikan sekitar 700 karyawan, atau sekitar 1% dari tenaga kerja globalnya.

- Raksasa jaringan Cisco berencana merestrukturisasi bisnisnya yang mencakup PHK ribuan karyawan.

- Perusahaan teknologi kendaraan otonom Aurora Innovation memberhentikan 3% tenaga kerjanya.

- BlackBerry Kanada merencanakan lebih banyak PHK, selain sekitar 200 PHK pada kuartal sebelumnya.

- Perusahaan radio satelit SiriusXM berencana mengurangi tenaga kerjanya sekitar 3%, atau sekitar 160 peran.

- Bumble diatur untuk menghilangkan 350 pekerjaan atau sekitar 30% tenaga kerjanya.

Sektor Otomotif

- Produsen mobil listrik Tesla akan memberhentikan lebih dari 10% tenaga kerjanya secara global, menurut memo internal yang dilihat oleh Reuters. Tesla bergulat dengan penurunan penjualan di tengah perang harga yang semakin intensif untuk kendaraan listrik.

- Pembuat kendaraan listrik Lucid mengatakan akan mengurangi tenaga kerjanya sebesar 6%, atau sekitar 400 karyawan, industri kendaraan listrik bergulat dengan pertumbuhan yang lebih lambat.

Sektor Media

- Pixar Animation Studios, produser film klasik seperti "Toy Story" dan "Up," mulai memberhentikan sekitar 14% tenaga kerjanya karena mereka mengurangi pengembangan serial streaming aslinya. Sekitar 175 orang akan terkena dampak PHK di unit Walt Disney Co.

- Grup media Inggris milik Comcast, Sky berencana memangkas sekitar 1.000 pekerjaan di seluruh bisnisnya tahun ini.

- The Los Angeles Times berencana memberhentikan 94 jurnalis.

- Paramount Global berencana melakukan PHK dalam jumlah yang tidak ditentukan.

- Business Insider berencana memberhentikan sekitar 8% stafnya.

- Bell Canada berencana memangkas 4.800 pekerjaan.

Sektor Jasa Keuangan

- PayPal Holdings berencana memangkas sekitar 2.500 pekerjaan, atau 9% dari tenaga kerja globalnya tahun ini.

- Perusahaan pembayaran Block Inc telah mulai mengurangi jumlah pekerjaan yang tidak ditentukan.

- Citigroup berencana mengurangi jumlah karyawannya sebanyak 20.000 orang dalam dua tahun ke depan. Mereka telah mengumumkan rencana untuk memangkas peran 716 di New York untuk mencapai target tersebut.

- Raksasa perbankan investasi Morgan Stanley berencana memangkas ratusan pekerja di unit wealth managemen, kata seseorang yang mengetahui masalah tersebut kepada Reuters. Pemotongan tersebut akan berdampak pada kurang dari 1% karyawan divisi tersebut.

- Operator bursa Nasdaq berencana memangkas ratusan lapangan kerja karena mengintegrasikan perusahaan fintech Adenza ke dalam bisnisnya.

- Manajer aset BlackRock akan memangkas sekitar 3% tenaga kerjanya tetapi memperkirakan jumlah karyawan lebih besar pada akhir tahun 2024.

Sektor Ritel

- Pengecer terbesar di dunia, Walmart, berencana memangkas ratusan pekerjaan di kantor pusat perusahaannya dan merelokasi sebagian besar tenaga kerja jarak jauh yang berbasis di AS dan Kanada ke tiga kantor.

- Raksasa kosmetik Estee Lauder berencana memangkas 3% hingga 5% tenaga kerja globalnya.

- Wayfair berencana memberhentikan 1,650 karyawan, atau sekitar 13% tenaga kerjanya.

- Jaringan department store AS Macy's memangkas 2.350 pekerjaan dan menutup lima toko.

- Levi Strauss & Co berencana memangkas 10%-15% lapangan kerja perusahaan global.

- Rencana restrukturisasi Hershey akan berdampak pada kurang dari 5% tenaga kerjanya.

- Nike akan memangkas sekitar 2% dari total tenaga kerjanya, atau lebih dari 1.600 pekerja karena raksasa pakaian olahraga tersebut berupaya memangkas biaya setelah mencatatkan penurunan laba tahun ini. Merek alas kaki perusahaan, Converse, juga akan memangkas pekerjanya sebagai bagian dari rencana penghematan biaya Nike sebesar US$2 miliar.

Sektor Kesehatan

- Novavax memangkas sekitar 12% tenaga kerja.

- Perusahaan kesehatan konsumen Kenvue akan memangkas 4% tenaga kerjanya secara global.

Sektor Manufaktur

- Kontraktor pertahanan Lockheed Martin berencana memangkas 1% pekerjaannya.

- United Parcel Service berencana memangkas 12.000 pekerjaan untuk memangkas biaya.

- Spirit AeroSystems memberhentikan beberapa ratus karyawannya di Wichita, Kan., menurut memo internal, karena perusahaan tersebut berurusan dengan utang yang tinggi dan memperlambat produksi di Boeing, pelanggan utamanya.

- Kontraktor pertahanan AS L3Harris memangkas 5% tenaga kerjanya pada bulan April dalam upaya untuk merampingkan bisnisnya dan menghemat biaya.

Sektor Sumber Daya Alam

- Produsen gas alam AS, Chesapeake Energy, memberhentikan karyawannya setelah menyelesaikan divestasi aset minyaknya tahun lalu.

- Penambang AS Piedmont Lithium memangkas 27% tenaga kerjanya dalam rencana pemotongan biaya.

- Perusahaan pipa minyak dan gas Kanada TC Energy telah memberhentikan beberapa pekerjanya sebagai bagian dari rencana yang diumumkan sebelumnya untuk mengintegrasikan unit pipa gas alamnya.

- Operator pipa minyak mentah yang berbasis di Kanada, Enbridge, mengatakan akan mengurangi tenaga kerjanya sebanyak 650 pekerja, atau 5%, dalam upaya memangkas biaya.

Nasib Serupa Ketenagakerjaan RI

Kepala Ekonom Bank Permata Joshua Pardede menilai, PHK yang terjadi di banyak perusahaan besar sebagai bagian dari upaya restrukturisasi.

“Karena perusahaan pada akhirnya menginginkan adanya peningkatan produktivitas dengan harapan pengurangan karyawan,” kata Joshua di sela acara Asian Banking & Finance Forum beberapa waktu lalu.

Sejauh ini, kata Joshua, dampak PHK di AS terhadap perekonomian di Indonesia akan cukup terasa. Utamanya kepada sektor yang bersifat export oriented serta perusahaan AS yang memiliki cabang usaha di Indonesia.

“Akan tetapi, sektor-sektor yang domestic oriented misalnya konsumen dan perdagangan tidak akan berimbas karena fondasi bisnisnya sudah kuat,” terangnya.

Oleh sebab itu, pihaknya menekankan pentingnya adaptasi dan bisnis strategi yang harus dikuasai perusahaan di Tanah Air untuk bisa bertahan di tengah resesi ekonomi.

“Adaptasi dan bagaimana menemukan strategi bisnis menjadi kunci untuk bisa bertahan di era saat ini,” tandasnya.

Berdasarkan laman satudata.kemnaker.go.id, jumlah pekerja yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) di 34 provinsi sepanjang 2022 mencapai 25.114 orang.

Sementara pada Januari - Desember 2023 angka PHK di 34 provinsi melonjak menjadi 359.858 orang.

Adapun pada Januari - Maret 2024, jumlah pekerja yang di-PHK mencapai 23.421 orang. Bandingkan dengan angka PHK periode yang sama tahun 2023 yang berjumlah 20.393 orang.

Ketua Umum Institut Hubungan Industrial Indonesia (IHII), Saepul Tavip, mengatakan PHK yang terjadi di beberapa industri belakangan ini sangat memprihatinkan.

Menurutnya, ini diperparah dengan Undang-Undang Cipta Kerja yang dinilai tak melindungi kaum buruh.

Dia bilang, adanya perusahaan yang tengah mengajukan PHK ke Kemenaker menandakan sektor ketenagakerjaan di Indonesia sangat tidak baik-baik saja.

“Faktor utamanya juga karena hubungan kerja saat ini sifatnya sangat flexible alias easy hiring, easy firing. Seperti hubungan kerja yang bersifat kontrak, outsourcing, magang, kemitraan, dan lain-lain,” ujarnya kepada KONTAN, Rabu (22/5).

Saepul mengungkapkan, sektor yang rentan mengalami PHK adalah industri padat karya di antaranya garmen, alas kaki dan sebagainya.

Menurutnya, sebagian industri ini juga telah direlokasi ke daerah-daerah yang upah minimumnya rendah seperti di Jawa Tengah.

“Yang pada tutup itu pabrik-pabrik di Jawa Barat karena upah minimumnya tinggi,” ungkapnya.

Selain itu, kata Saepul, kondisi global juga berpengaruh terhadap terjadinya PHK di dalam negeri. Sebab, pesanan barang dari luar negeri saat ini banyak masuk ke negara tetangga yang dinilai ramah investasi asing.

“Order dari luar negeri banyak masuk ke Vietnam, Bangladesh dan Kamboja yang sangat memanjakan investasi asing,” imbuhnya.

Menurut Saepul, pemerintah perlu lebih proaktif mengundang investor luar negeri untuk membuka lapangan kerja baru. Namun, keahlian pekerja juga perlu ditingkatkan lewat program besutan pemerintah.

“Skill pekerja juga harus ditingkatkan melalui pendidikan vokasi yang mampu menjawab kebutuhan industri yang semakin padat modal dewasa ini,” tandasnya.

Pengamat Ketenagakerjaan dari Universitas Gadjah Mada, Tadjudin Nur Effendi, menilai PHK menunjukkan kondisi Indonesia relatif kurang baik. Menurutnya, sektor industri belum mengalami perubahan yang siginifikan sejak pandemi.

“Perubahan ekonomi di Eropa dan Amerika menyebabkan penurunan permintaan barang dari Indonesia terutama sektor seperti garmen, kerajinan mebel itu mengalami penurunan, itu belum bisa diatasi sampai sekarang,” katanya kepada KONTAN.

Tadjudin menyebutkan, PHK rentan terjadi pada sektor manufaktur yang berkaitan dengan padat karya seperti sepatu, mebel, pakaian, garmen, kerajinan.

Bukan tanpa alasan, kata dia, pasar luar negeri mengalami stagnansi akibat perang, otomatis mengganggu perekonomian negara tersebut yang merupakan negara tujuan hasil industri manufaktur Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×