kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Asa LinkAja hadapi dominasi tekfin pembayaran digital swasta


Senin, 10 Juni 2019 / 07:50 WIB

Asa LinkAja hadapi dominasi tekfin pembayaran digital swasta
ILUSTRASI.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Fenie pada suatu siang mengunggah story di akun media sosial Instagram miliknya. Karyawati perusahaan swasta di Jakarta ini curhat lantaran tiba-tiba ponsel pintar miliknya mendapatkan pesan singkat dari pengirim: LinkAja. Pesan tersebut menyatakan akun uang elektronik miliknya di PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) telah berhasil dipindahkan ke LinkAja. 

Fenie bingung, meski memang menjadi nasabah BRI, namun dia mengaku tidak pernah menggunakan layanan uang elektronik milik BRI yang bertajuk T-Bank tersebut. Rini, nasabah Bank Mandiri pun mengalami hal serupa. Perempuan berkacamata ini mendapatkan pesan singkat yang menyatakan akun e-cash miliknya telah berhasil berpindah ke LinkAja. Padahal Rini pun tak pernah menggunakan layanan uang elektronik milik Bank Mandiri tersebut. 

Ternyata langkah itu menjadi bagian dari proses integrasi sistem uang elektronik berbasis server milik perusahaan-perusahaan milik pemerintah yang dilebur menjadi satu bertajuk LinkAja. Platform ini hasil sinergi Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) yakni: e-cash milik PT Bank Mandiri Tbk, UnikQu punya PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) dan T-Bank milik PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) bersama dengan Tcash milik PT Telkomsel, sebagai anak usaha PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. 

Beberapa perusahaan pemerintah seperti PT Pertamina dan PT Asuransi Jiwasraya yang mulai mengembangkan layanan digital pun ikut serta. Platform ini digadang-gadang bakal berkembang menjadi platform keuangan digital yang mampu berkelanjutan secara bisnis. LinkAja mengincar produk-produk layanan untuk kebutuhan masyarakat. 

Danu Wicaksana, Direktur Utama Tcash yang didapuk memimpin PT Fintek Karya Nusantara (Finarya) sebagai perusahaan yang menaungi LinkAja bilang, layanan pembayaran yang ditawarkan LinkAja merupakan langkah awal untuk ikut berkontribusi dalam program inklusi keuangan yang dicanangkan pemerintah.

Saat ini LinkAja menawarkan layanan pembayaran dengan sistem quick response (QR) code yang bisa digunakan untuk membeli pulsa, membayar pembelian barang di toko online, membayar di merchant lewat QR code maupun near field communication (NFC), bayar tagihan listrik hingga kirim uang. 

Ke depan, LinkAja akan terus menambah fitur seperti layanan penarikan uang. Pengguna akan bisa mengambil uang di ATM Link tanpa harus memiliki kartu ATM bank pelat merah. Lewat aplikasi LinkAja di ponsel pintar, pengguna mengambil uang dengan menggunakan token.


Reporter: Rizki Caturini
Editor: Rizki Caturini
Video Pilihan

TERBARU
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0007 || diagnostic_api_kanan = 0.0005 || diagnostic_web = 0.2143

Close [X]
×