: WIB    --   
indikator  I  

Yuk, kritisi calon bos OJK

Yuk, kritisi calon bos OJK

JAKARTA. Pertarungan memperebutkan kursi Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK OJK) periode 2017-2022 telah dimulai. Seleksi tujuh pimpinan wasit pasar keuangan ini punya magnet cukup kuat. Maklum, nasib industri keuangan dipertaruhkan di tangan mereka yang nantinya jadi pengambil kebijakan. Apalagi, masih banyak pekerjaan rumah yang tersisa.

Tujuh kursi yang diperebutkan, yaitu: Ketua Dewan Komisioner OJK, Wakil Ketua DK OJK, Kepala Eksekutif Bidang Pengawasan Perbankan, Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal, dan Kepala Eksekutif Pengawas Non Bank. Kemudian, posisi Ketua Dewan Audit, serta Kepala Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen.

Tak heran, sejumlah tokoh terkenal di industri keuangan ikut dalam seleksi bos OJK. Dari 107 calon yang lolos seleksi tahap pertama, tercatat nama Tito Sulistio yang kini menjabat Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI). Ada juga, Riswinandi Direktur Utama Pegadaian, dan Ketua Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Fauzi Ichsan.

Selain itu, ada Jurgan Usman Direktur Utama PT Reliance Securities Tbk. Nama perusahaan sekuritas ini sempat dikaitkan dengan kasus investasi bodong yang dilakukan eks karyawannya, E.P Larasati, pada 2015 lalu.

Bahkan, tujuh Dewan Komisioner OJK saat ini juga lolos seleksi tahap pertama. Mereka adalah Muliaman Hadad Ketua DK OJK, Rahmat Waluyanto Wakil Ketua DK OJK, Nelson Tampubolon Kepala Eksekutif Bidang Pengawasan Perbankan, Nurhaida Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK, dan Firdaus Djaelani Kepala Eksekutif Pengawas Non Bank OJK. Selanjutnya, ada Ilya Avianti Ketua Dewan Audit OJK, dan Ā Kusumaningtuti Kepala Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen

Tak ketinggalan, dua nama mewakili politikus di Senayan lolos seleksi tahap awal. Keduanya adalah Melchias Markus Mekeng yang saat ini menjabat Ketua Komisi XI DPR, dan Andreas Eddy Susetyo anggota Komisi XI.

Mencari 21 calon

Setelah melewati seleksi tahap awal, Pansel DK OJK akan menggelar tiga kali seleksi lagi untuk mengambil 21 orang terbaik yang akan disodorkan ke Presiden Joko Widodo.

Menurut Sri Mulyani, Menteri Keuangan sekaligus Ketua Pansel DK OJK, 107 calon yang telah lolos seleksi tahap awal akan mengikuti seleksi tahap II. "Seleksi tahap II akan menyaring lagi dengan mempertimbangkan masukan dari masyarakat, rekam jejak dan makalah dari calon anggota," kata Sri Mulyani melalui pengumuman resmi, Rabu (8/2).


Reporter Dupla Kartini, Galvan Yudistira, Handoyo, Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang, Petrus Sian Edvansa, Ramadhani Prihatini, Teodosius Domina
Editor Dupla KS

PIMPINAN OJK

Feedback   ↑ x