kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Visa jemaah haji gelombang I selesai pekan ini


Rabu, 19 Juli 2017 / 18:54 WIB
Visa jemaah haji gelombang I selesai pekan ini


Reporter: Ramadhani Prihatini | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Nur Syam mengatakan, pengurusan visa untuk jemaah haji Indonesia yang diberangkatkan pada gelombang pertama akan selesai pekan ini.

Hingga kemarin (18/7), Kementerian Agama sudah menyelesaikan 81.487 visa.

"Jadi masih kurang beberapa ribu lagi untuk jemaah gelombang pertama. Itu kita pastikan selesai pada pekan ini,” ujarnya kata Nur Syam seperti dikutip dari laman resmi Kementerian Agama, Rabu (19/7).

Pada gelombang pertama, Kemnag berencana memberangkatkan 102.000 jemaah, mulai 28 Juli hingga 11 Agustus mendatang.

Nur Syam juga mengingatkan jajarannya untuk memastikan persiapan kloter yang akan diberangkatkan mulai pekan depan.

“Kloter satu sampai lima harus fix soal visa, jangan sampai ada seat kosong,” tuturnya.

Mantan Rektor IAIN Sunan Ampel Surabaya ini menambahkan, paspor yang saat ini sudah diterima Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama untuk diproses visanya mencapai 189.191. Secara bertahap, paspor yang sudah masuk ini diteruskan ke Kedutaan Besar Arab Saudi untuk diproses visanya.

“Kami sudah berkoordinasi dengan pihak Kanwil untuk mempercepat proses ini. Kami berharap bisa diselesaikan pada waktunya sehingga tidak lagi ada masalah,” tuturnya.

Kuota jemaah haji reguler Indonesia tahun ini berjumlah 204.000 orang. Mereka akan diberangkatkan dalam dua gelombang. Gelombang pertama diberangkatkan menuju Madinah. Sedang gelombang kedua diberangkatkan menuju Jeddah untuk kemudian ke Makkah. Pemberangkatan gelombang kedua akan berlangsung dari 12 – 26 Agustus 2017.

Kasubdit Dokumen dan Perlengkapan Haji M Sofwan mengatakan, proses penerbitan visa terus dilakukan oleh tim Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah sampai selesai semua.

“Proses pengurusan visa itu sendiri mensyaratkan informasi lengkap terkait paket layanan yang akan diterima jemaah selama di Saudi. Ini yang juga harus kita siapkan sehingga pengurusan visa dilakukan secara beratahap,” terang Sofwan.

Disinggung soal potensi keterlambatan visa seperti dua tahun lalu, Sofwan mengaku optimis tahun ini semuanya berjalan sesuai jadwal. “Saya harap visa sudah selesai semua sebelum masa operasional pemberangkatan berakhir sehingga jemaah bisa diberangkatkan sesuai jadwal,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×