kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45932,69   4,34   0.47%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pilihlah emas buat investasi


Jumat, 23 Juni 2017 / 11:30 WIB
 Pilihlah emas buat investasi


Reporter: Wuwun Nafsiah | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. Selain pakaian baru dan penganan lebaran, banyak orang Indonesia yang memanfaatkan tunjangan hari raya untuk membeli perhiasan dan emas. Tak heran, permintaan perhiasan emas kerap naik jelang lebaran.

Tengok saja penjualan perhiasan emas di PT Untung Bersama Sejahtera (UBS). Marketing Director UBS Catur R. Limas mengatakan, tahun ini peningkatan permintaan perhiasan emas untuk lebaran bahkan sudah terasa sejak akhir Mei lalu.

Kenaikan permintaan emas perhiasan mencapai sekitar 10%20%. Sayang, Catur enggan menyebut berapa total penjualan emas UBS selama bulan Ramadan ini.

Catur menjelaskan, kenaikan permintaan emas tersebut terlihat hampir di semua wilayah Indonesia, dengan motor utama berada di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). Selanjutnya disusul wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatra, dan Kalimantan.

Banyak masyarakat belanja emas karena harganya juga sedang naik. "Mereka beli di awal bulan Ramadan sebelum harganya lebih mahal lagi," jelas Catur kepada KONTAN.

Produk yang paling populer diincar jelang lebaran tahun ini adalah kalung emas. Sedangkan produk lain yang banyak diminati dari waktu ke waktu antara lain cincin, giwang, anting dan gelang. "Kalau modelnya, pembeli lebih suka jenis klasik untuk lebaran. Kalau di luar lebaran, biasanya mencari yang fancy dan berwarna," lanjut Catur.

Selain saat lebaran, biasanya UBS meraih untung lebih saat musim panen tiba. Seperti ketika musim panen padi, tembakau, cengkeh, hingga kelapa sawit. Pasalnya, para petani cenderung menggunakan dana hasil penjualan komoditas untuk membeli perhiasan emas.

Tak hanya perhiasan, permintaan emas batangan pun menorehkan kenaikan. Hal ini tentu mendatangkan berkah bagi produsen emas batangan seperti PT Aneka Tambang Tbk (Antam).

Serupa dengan emas perhiasan, kenaikan emas batangan sudah terlihat sejak minggu pertama Ramadan. "Angkanya belum keluar, tapi stok kami yang dijual setiap hari selalu habis," kata Dodi Martimbang, General Marketing Logam Mulia Business Unit Antam.




TERBARU

[X]
×