Jokowi bangun double track Bogor-Sukabumi di 2017

Jumat, 01 September 2017 | 11:29 WIB Sumber: Antara
Jokowi bangun double track Bogor-Sukabumi di 2017


INFRASTRUKTUR DAERAH - Presiden Joko Widodo menyatakan pemerintah akan membangun sejumlah infrastruktur transportasi di wilayah Sukabumi, Jawa Barat, termasuk jalur ganda kereta api.

"Kenapa saya ke Sukabumi naik kereta, karena akan dimulai pembangunan jalur kereta api ganda alias double track Bogor ke Sukabumi," kata Jokowi dalam sambutannya sebelum shalat Idul Adha 1438 Hijriah di Lapangan Merdeka, Sukabumi, Jumat (1/9).

Menurut Presiden, pembangunan double track akan dimulai tahun ini dengan perkiraan dana sekitar Rp 400 miliar.

Selain itu, pemerintah merencanakan revitalisasi jalur kereta api Sukabumi-Cianjur-Bandung pada 2019.

"Sehingga nantinya arus barang, mobilitas orang, baik dari bandara, baik dari Jakarta, baik dari Bogor ke Sukabumi ini akan semakin cepat. Kemarin sudah kita lihat sangat memungkinkan," kata Presiden.

Selain moda kereta api, pemerintah juga berencana membangun bandara perintis di Sukabumi. Ia menjelaskan, pemerintah akan menyurvei lokasi rencana bandara di Sukabumi, tanpa menjelaskan daerahnya untuk menghindari kenaikan harga tanah.

Terkait dengan pembangunan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi, Presiden menargetkan akan selesai pada dua tahun mendatang. Dia menjelaskan rencana pembangunan jalur tol itu sudah sejak 1996, namun selalu terkendala. "Makanya tahun lalu saya putuskan diambil alih BUMN dan langsung dikerjakan saat itu," kata Presiden.

Jokowi menunaikan shalat Idul Adha 1438 Hijriah di Lapangan Merdeka, Sukabumi. Setelah itu, Presiden menyerahkan sapi kurban seberat 1,4 ton kepada pengurus Masjid Agung Sukabumi. Jokowi diagendakan kembali ke Istana Presiden pada Jumat sore. (Bayu Prasetyo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru