kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
FOKUS /

Ada borok di tubuh induk BUMN Keuangan (1)

Selasa, 06 Maret 2018 / 14:14 WIB

Ada borok di tubuh induk BUMN Keuangan (1)
ILUSTRASI. Ilustrasi Opini - Super-holding untuk Penguatan BUMN


Menanti Kehadiran Holding Keuangan

Satu-persatu holding perusahaan pelat merah bermunculan. Yang sudah tampak di depan mata adalah holdingbadan usaha milik negara (BUMN) minyak dan gas (migas).

Secara resmi, kelompok BUMN yang akan dipimpin PT Pertamina (Persero) itu tinggal menunggu Presiden Joko Widodo (Jokowi) meneken Peraturan Pemerintah sebagai landasan hukum.

Bersamaan dengan proses penggabungan yang dijalani Pertamina cs, BUMN-BUMN di industri perbankan dan jasa keuangan juga sibuk mengonsolidasikan diri.

Sebab, mereka juga akan menghimpun diri di dalam holding BUMN perbankan dan jasa keuangan. Jika belum berubah dari rencana semula, holding perbankan dan jasa keuangan akan terbentuk pada kuartal I-2018.

Skema holding-nya sudah terungkap ke publik. PT Danareksa (Persero) bakal berperan sebagai induk usaha empat bank pelat merah.

Sang induk juga menaungi perusahaan-perusahaan jasa keuangan milik negara seperti Permodalan Nasional Madani (PNM) dan Pegadaian. (lihat infografik: Bagan Holding BUMN Perbankan dan Jasa Keuangan)

Meski ditunjuk sebagai induk perusahaan-perusahaan bonafide di industri keuangan tanah air, Danareksa tampak menahan diri dalam memberikan komentar.

KONTAN sudah mengajukan permintaan wawancara kepada Bondan Pristiwandana, Direktur di PT Danareksa (Persero). Juga sudah meminta hal serupa ke dua komisaris Danareksa: Eko Sulistyo dan Dyah Kartika Rin.

KONTAN juga sudah berupaya menemui Direktur Utama PT Danareksa Heru Djojo Adhiningrat di kantornya. Namun, hingga tulisan ini naik cetak, para petinggi Danareksa tak ada yang bersedia diwawancarai. “Soal holding saat ini masih ranah pemegang saham dan bukan ranah direksi Danareksa,” kata Bondan.

Satu hal yang pasti, hingga saat ini, pembentukan holding BUMN perbankan dan jasa keuangan terus berproses. Konsolidasi antar-BUMN pun tengah berlangsung melalui serangkaian aksi akuisisi terafiliasi.

Misal, Danareksa yang punya empat anak usaha bakal melepas beberapa di antaranya. PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk mengakuisisi PT Danareksa Finance dan PT Danareksa Investment Management.


Reporter: Arsy Ani Sucianingsih, Galvan Yudistira, Ragil Nugroho, Tedy Gumilar
Editor: Mesti Sinaga

HOLDING BUMN

Komentar
KONTAN TV
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2018 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0004 || diagnostic_api_kanan = || diagnostic_web = 0.2121

Close [X]
×